Partisi hardisk terhapus!!!!

8 05 2008

Apa yang akan anda lakukan jika di kantor anda  semua databasenya hilang?

Beberapa waktu lalu, secara tidak sengaja dua partisi hardisk di kantor saya terhapus. Sialnya, partisi itu berisi data-data yang amat sangat penting. Data master software dan database kantor yang semuanya disimpan disatu tempat, datanya dah dibackup tapi di backup dihardisk, ternyata data backupnya juga hilang…walah.

Klo dah seperti ini, saya harus siap-siap. Siap tuk menerima pertanggungjawaban atas kelalaian, siap untuk membuat surat pengunduran diri dengan suka terpaksa. Namun, sebelum itu saya siapin dulu segelas air putih dan sebungkus kacang telor. Tenang, kata orang tenang itu membuat kita dapat berpikir jernih, kenyataannya saya tidak bisa tenang, karena saya mesti mikir bagaimana cara membalikin data di dua partisi ini. Air putih telah habis, kacangnya gak ketelan, masalah belum selesai. GImana caranya? apa akal?

GOOGLING

Google adalah jawabannya. Setelah saya coba ngotak-atik hardis di server 2003 ini, tetap aja gak ketemu dimana masalahnya. Partisi tetap telah lenyap, data sudah tidak bertuan. Kemudian saya coba “googling”, gunakan kata kunci ” partition recovery”, kemudian bermunculan beberapa software yang siap mengajukan diri untuk di bajak.

Setelah mencoba beberapa versi demo yang ditawarkan, saya lebih cocok mengunakan Active partition recovery Enterprise. Selain pengunaanya lebih gampang, prosesnya juga tidak lama. Setelah baca-baca help yang di sertakan (gak ngerti amat, yang penting paham), petunjuknya saya jalankan, Alhamdulillah dua partisi saya yang lenyap, sudah nongol lagi, berikut data-datanya juga terselamatkan.

Kesimpulan dan Saran :

Kesimpulan

1. Data saya balik lagi.

2. Partisi yang hilang, belum tentu benar-benar hilang, begitu juga datanya.

3. Partisi yang hilang bisa ditemukan kembali.

4. Google adalah jawabannya.

5. Saya tidak jadi mengundurkan diri.

Saran

1. Jangan mudah panik

2. Siapkan selalu air putih dan kacang telor jika panik

3. Kembali ke saran 1.


Actions

Information

20 responses

24 07 2008
asri

iya, sy jg pnh tuh khlgn 40GB gr2 partisi magic, stlh drecovery tp cm balik 20GB
20GB yg balik berisi data, 20GB yg ga balik adlh game & music, bnr2 software yg pengertian & baik😀

13 09 2008
adeska

mo tanya: kalau yang ilang drive C dan windowsnya, bagaimana recovery-nya? terima kasih atas informasinya.

@ Hilangnya gimana? klo di format..ya susah balikinnya (walaupun bisa), kalo hilang nya karena hardisk rusak (crash) lebih parah lagi.

10 12 2009
mutiaraendah

walau basi, mudah2an berguna untuk orang lain:
Kalau drive C-nya hilang terpaksa harus gunakan Live CD biasanya dari distro linux. Saya sudah coba dengan TestDisk. Silakan lihat di http://goloprak.wordpress.com/2009/08/08/mengembalikan-partisi-yang-hilang-partition-lost-dengan-testdisk/

17 12 2009
diskmal

thanks…

13 11 2008
Amrizal

Mas, saya sudah download tp setelah dia scan ternyata minta Serial Number. Bisa minta gak Mas, saya bener2 panik bgt sekarang. Terima Kasih banyak

6 12 2008
ipoel

setelah sekian lama q googling ….ternyata nemu juga artikel ini…coz tu kasusnya sama dengan q…beberapa partisi harddisk saya hilang padahal isinya data2 perusahaan ..

thank yach

3 02 2009
totok

saya udah donload dan data saya udah muncul tapi waktu tak recover minta name dan key, ada yang tahu gak ? name dan key-nya, please dong

4 02 2009
2 05 2009
sakisu

mas bisa minta tolong step2nya mas..
buat data biar balik pake apa?
biar partisinya balik diklik mana?
soalnya sy bingung dengan menunya..
maksih mas.

@ Untuk mengembalikan partisi yang terhapus saya mengunakan Active partitions recovery, bagusnya cari aja di indowebster.com.
Pengunaannya, kita bisa pilih hardisk, atau partisi yang ingin kita recovery. Trus pilih Tombol superscan/quick scan. Scan ini cukup lama, tergantung kapasitas hardisk yang kita miliki.

Untuk mengembalikan data satu persatu, sebaiknya gunakan software “Get Data back” (lagi lagi software ini bisa didapatkan di indowebster, promosi lho), Tapi tidak selalu berhasil, ini tergantung APakah ruang hardisk data2 yang terhapus tadi sudah ditimpa/isi file lain atau tidak. JIka cuma terhapus (permanent) dan ruangannya blum diisi oleh file2 lain, besar kemungkinan data tersebut dapat dikembalikan, sekalipun sudah di format.

Jadi, sekalipun hardisk itu sudah di format, tapi blm di isi oleh file2 lain, sebenarnya data2 tersebut dapat kita kembalikan.

Slamat mencoba…terus belajar!!

11 12 2009
arif atul

tolong keygenya ya… bsa tdak >>>>

17 12 2009
diskmal

keygen nya bisa di ” googling ” aja pak.. gampang ko’

18 01 2010
messiandi

mas gimana cara melihat pesan yg udah terhapus di ym n fb

30 01 2010
diskmal

terhapus darimana boz? dari mail nya ato dari hardisk?
klo dari ym, itu tergantung, biasanya ada pilihan save recent chat dimenu preference, klo pilihannya diaktifkan, maka recent chat bisa dilihat…di FB ga tau boz.

29 08 2010
bandy

cara mengembalikannya gimana? saya sudah baca help, tp gk ngerti juga, mohon kejelasannya,,🙂

14 01 2011
diskmal

hmm….g ngerti keterangannya ato engga ngerti eksekusi printahnya??? hmm…mnrt sy sih tdk tlalu sulit pak, coba usaha lagi,di googling.klo msh blm nanti sy bantu dah,tapi memang yang bisa di restore hanya partisi yang kehapus dan blm ditimpa oleh data2 lain.

1 05 2011
hamid

wah softwarenya minta keynya gan
# coba cari versi lamanya gan, klo yang terbaru sulit nyari keygen-nya. sy biasanya nyari di indowebster.com. good luck.

13 06 2011
yoyo

mas tolongin minta keygennya bisa? sy udah googling gak nemu2 nih.. susah bgt nyarinya..

13 06 2011
diskmal

coba cari versi lama, klo yang terbaru memang susah nyarinya. coba cari versi lamanya di indowebster.com

17 06 2011
adji

gan minta key nya dong… plzz google gak dapat2 nie

12 06 2013
diskmal

🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: