Back up data anda sekarang juga atau….

26 07 2008

Hard disk Error, corrupted, tidak bisa di Akses, master boot record error? mphuuh…Saya pernah mengalaminya. Tentu sangat menjengkelkan jika data yang anda sayangi hilang dalam sekejap, sudah donlotnya berjam-jam di warnet ternyata malah hilang. Kerusakan pada hard disk adalah pasti, cepat atau lambat anda akan mengalaminya. Umumnya masa hidup hard disk lebih kurang 10 tahun, masa ini tidak pernah disebutkan oleh produsen hard disk tapi jika umur hard disk anda sudah mendekati masa itu, sebaiknya siap-siap. Masa 10 tahun ini tentu relatif, bisa lebih cepat dan bisa tidak.

Kerusakan hard disk ini bisa saja terjadi karena:

1. Kerusakan fisik; hard disk terbentur, gores dan lain-lain

2. Mesin error; karena waktu proses hardisk dalam keadaan tinggi, tiba-tiba listrik “oops”

3. Virus attack, virus bisa saja merusak hard disk anda

Akibatnya data-data yang Anda sayangi akan lenyap. Kerusakan Fisik menyebabkan data Anda tidak bisa di Akses, Mesin error menyebabkan data-data kacau, Serangan virus menggerogoti struktur data sehingga menjadi tulisan planet atau tidak bisa dibuka, atau bahkan hilang.

Solusi satu-satunya, Back up data Anda sekarang juga atau anda akan kehilangan selamanya. Langkah kecil anda ini harganya sangat mahal, aneh sekali jika setiap hari anda berinteraksi dengan komputer tapi tidak pernah melakukan back up data.

Back up data bisa dilakukan dengan menyimpannya di CD/DVD, kemudian menyimpannya di tempat yang aman ( tidak basah, tidak dekat sumber yang mengandung gas, minyak dan sejenisnya). Selain itu data bisa juga anda back up melalui hard disk eksternal. Hardisk ini hanya digunakan jika untuk urusan back up. cara lain yaitu Onlne backup, tentu anda harus bersedia menyeluarkan sejumlah uang untuk ini, karena anda mengalihkan risiko anda pada orang lain.

Kapan di back up? tergantung kebutuhan anda, Seberapa penting data tersebut? jika hari ini anda mendapatkan data yang penting, saatnya membuat backup data tersebut, jangan tunda lagi.

Data apa saja yang harus saya back up? Anda lebih tahu pastinya.


Actions

Information

One response

28 07 2008
Deni

Paling bagus backup di DVD karena murah, aman, bebas virus. lebih baik kehilangan puluhan ribu rupiah untuk beli DVD dari pada kehilangan data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: