Memilih Susu Formula Yang Pas Untuk Bayi

12 06 2013

Air susu ibu atau ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi anda. Tidak ada yang meragukan kalimat tersebut namun tidak sedikit ibu yang tidak bisa memberikan ASI untuk buah hatinya sehingga harus beralih ke susu formula. Sayangnya selama ini informasi tentang susu formula lebih banyak didapat para ibu dari iklan sehingga tidak berimbang dan cenderung membodohi. Berikut beberapa hal tentang susu formula yang harus diketahui seorang ibu.

Apa saja jenis jenis susu formula?

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, saat ini terdapat tiga jenis susu formula yakni:

Formula susu sapi.

Sebagian besar susu formula yang beredar di pasaran sebagai pengganti ASI terbuat dari susu sapi. Susu formula yang berasal dari susu sapi lebih seimbang gizi-nya dan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Namun, ada beberapa bayi yang alergi terhadap susu sapi sehingga harus memilih jenis susu formula yang lain.

Formula susu kedelai.

Susu formula yang terbuat dari kedelai sangat cocok bagi anda yang ingin meniadakan protein hewani untuk bayi anda. Susu formula kedelai juga bisa menjadi pilihan bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi atau mengalami intoleransi laktosa. Namun ada juga bayi yang alergi terhadap susu sapi juga alergi terhadap susu kedelai.

Formula hidrolisa protein.

Susu formula jenis ini mengandung protein yang dipecah/hidrolisa sehingga menjadi bentuk yang lebih kecil bila dibandingkan protein pada susu sapi atau susu kedelai. Susu formula hidrolisa protein cocok bagi bayi yang tidak cocok dengan susu sapi dan susu kedelai. Susu formula ini juga bisa diberikan pada bayi yang alergi protein tertentu. Disamping itu juga tersedia susu formula yang khusus buat bayi prematur dan bayi yang mengalami masalah kesehatan tertentu.

Mengapa bayi harus minum susu formula dan bukan susu biasa?

Susu formula yang dijual di pasaran diperkaya oleh segala nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Susu biasa atau susu segar tidak mengandung nutrisi yang seimbang atau yang dibutuhkan oleh bayi. Walaupun sejatinya nutrisi yang diberikan oleh susu formula belum bisa menyamai air susu ibu.

Apa saja bentuk susu formula yang tersedia?

Secara umum susu formula yang beredar di pasaran terdiri dari tiga bentuk. Pilihan terggantung dari kemampuan keluarga dan kepraktisan pemberian.

Susu formula bubuk.

Susu formula bubuk adalah bentuk susu formula yang paling banyak di pasaran. Harganya relatif murah dan penyajiannya harus dicampur dengan air.

Susu formula cair konsentrat.

Susu formula jenis ini juga harus dicampur dengan air saat menyajikan. Susu formula siap minum. Susu formula jenis ini relatif mahal, tidak perlu dicampur air dan bisa langsung diminum oleh bayi anda.

Apa saja beda tiap tiap merk susu formula?

Setiap susu formula yang dijual di pasaran Indonesia harus mengandung nutrisi standar yang ditetapkan oleh BPOM/Kemkes. Jadi, walaupun setiap pabrik susu formula menambahkan segala macam jenis nutrisi pada susu formulanya namun mereka tetap harus berpegang kepada peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai nutrisi standar yang harus terdapat pada susu formula.

Apakah perlu membeli susu formula yang diperkaya zat besi?

Ya. Bayi anda membutuhkan zat besi agar bisa tumbuh dan berkembang. Jika anda tidak memberikan ASI bagi bayi anda maka susu formula yang diperkaya zat besi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi bayi.

Bagaimana dengan susu formula yang ditambahkan DHA dan ARA?

Beberapa jenis susu formula ditambahkan dengan docosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid (ARA). Asam lemak omega 3 ini bisa ditemukan dalam ASI dan beberapa jenis makanan seperti telur dan ikan. Beberapa studi mengatakan bahwa menambahkan DHA dan ARA pada susu formula dapat membantu perkembangan penglihatan dan otak bayi namun studi yang lain justru mengatakan penambahan ini tidak memberikan manfaat.

Bagaimana dengan susu formula yang ditambahkan probiotik?

Probiotik yang ditambahkan pada susu formula diharapkan mampu menambah ketersediaan bakteri baik pada usus bayi. Mekanisme yang mirip saat bayi diberikan ASI, namun menurut studi yang dilakukan dalam jangka panjang, efek penambahan probiotik pada susu formula belum jelas atau belum pasti manfaatnya.

Pentingkah masa kadaluarsa pada susu formula?

Jangan membeli susu formula yang sudah kadaluarsa/expired. Jika sudah lewat waktu pemakaian, tidak bisa dijamin apakah susu formula itu masih baik kualitasnya. Saat memeriksa masa pakai atau kadaluarsa susu formula, pastikan anda juga memeriksa kondisi kaleng/kemasan susu. Jangan dibeli susu formula yang kemasannya berkarat atau rusak. Susu formula yang kemasannya telah rusak tidak bisa dijamin keamanannya.

Berapa lama sebaiknya bayi minum susu formula?

Susu formula sebaiknya diminum bayi sampai usia 1 tahun. Namun konsultasikan ke dokter anak anda tentang kebutuhan susu yang sesuai dengan kondisi bayi anda. Susu skim tidak cocok bagi bayi di bawah usia 2 tahun karena tidak mengandung cukup kalori untuk menunjang pertumbuhan.

Akhir kata, Air Susu Ibu masih yang terbaik bagi bayi anda.

sumber : http://www.blogdokter.net


Actions

Information

One response

8 12 2013
Susu Formula Terbaik

Asi adalah susu formula yang terbaik, terima kasih sudah memberikan informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: