Paket internet rekomended : 3 – tri. AON

12 06 2013

Tips memaksimalkan paket internet Tri AON+quota

paket tri
Banyak yang tanya,”Paket internet yang bagus dan murah itu apa sih?” tanpa bermaksud mempromosikan operator seluler(karena memang postingan ini juga tidak disponsori) saya menyebut Kartu Tri. Disamping sinyal didaerah saya sangat memuaskan, kecepatannya juga stabil, berani diadu operator lain. Paket yang ga ribet menjadi nilai tambah bagi saya untuk setia menggunakan operator seluler satu ini.

Untuk keperluan internet menggunakan Galaxy tab 2.7 saya menggunakan paket tri AON+Kuota, Aon sendiri merupakan singkatan dari Allways ON, yaitu paket internet murah dengan batasan waktu terentu untuk mengakses 11 situs melalui browser secara penuh, paket ini tersedia Rp.10.000/bulan dan Rp.50.000/tahun.

Untuk quotanya sendiri tersedia beragam, 500mb, 1GB, 2GB dan 5GB. Saya lebih suka membeli paket 5GB seharga Rp125.000.

Gambaran.
Tips ini menyangkut cara memanfaatkan paket Aon+quota+quota perpanjangan. Anggap saja kita menghabiskan paket internet 2GB/bulan untuk mengoperasikan TabletPC dan paket ini akan dimanfaatkan dalam waktu satu tahun.

Cek area coverage terlebih dahulu sebelum membeli kartu tri AON http://internet.tri.co.id/coverage/init
Beli paket AON sebesar Rp.50.000. Selain dapat mengakses 11 situs yang ditentukan, kita akan memiliki masa aktif kartu selama satu tahun.
Beli quota internet sebesar 5GB seharga Rp.125.000.

Jika kita membeli paket ini pada tanggal 1 januari 2013 maka kita memiliki paket Aon selama satu tahun dan paket quota 5GB dengan masa aktif satu tahun hingga 1 januari 2014, jika dalam sebulan menghabiskan quota 2GB maka dibulan Maret tersisa qouta 1GB.

Lakukan perpanjangan quota dibulan maret dengan paket quota sebesar 5GB.
Kita akan memiliki 6GB termasuk sisa qouta di bulan maret sebesar 1GB.
Perpanjang lagi dengan paket quota 5GB di bulan Juni.
Perpanjangan lagi di bulan Agustus 2013 sebesar 5GB dan sisa quota sebelumnya adalah 1GB.
Pada bulan Desember 2013 kita harus melakukan pembelian paket quota 2GB seharga Rp.75.000. Mengapa tidak membeli paket 5GB? masa aktif AON berakhir pada 1 Januari 2014, jika paket masih tersisa akan hangus pada tanggal 2 Januari 2014.

Total biaya.
Anda akan menghabiskan Rp.175.000 di bulan Januari, Rp.125.000 di bulan Maret, Rp.125.000 di bulan Juni, Rp.125.000 di bulan Agustus dan Rp.75.000 di bulan desember. Maka biaya internet setahun anda adalah Rp.625.000. Anda akan melakukan penghematan besar jika mampu memanfaatkan sisa 1GB untuk satu bulan, misalkan di bulan Agustus dengan sisa 1GB dari pembelian quota 5GB di bulan Juni. Tentu saja akan beda hitungan jika kita mendapatkan gratis quota dari tri, tempohari saya membeli paket 1,5GB dengan total quota 2.25GB dan berlaku pula dengan nominal lainnya.

Silakan bandingkan dengan paket quota operator lain, misal xl hotrod 3G+ dengan total harga Rp.588.000/tahun dengan 1,5GB/bulan(masih kurang 500mb dari total penggunaan 2GB/bulan). Rp.1.560.000/tahun dengan 2GB/bulan untuk Kartu AS.

Sekali lagi, tulisan ini dibuat tanpa bermaksud untuk mempromosikan operator seluler tertentu dan menjatuhkan operator selular lainnya, tapi murni dari pengalaman penulis sendiri. Semua kembali kepada pembaca, pastikan area coverage mencakup daerah anda berada termasuk rumah, sekolah/kantor, tempat tongkrongan dll, karena kelemahan operator seluler tri saat ini adalah sinyalnya yang masih jarang-jarang dibeberapa tempat.

Update 7 Juni 2013
Update ini sebagai request mas Wisnu Pambudi dengan pertanyaan,”Bisa share buat pelanggan tri lama gan?
Ane dah setahun lebih pke tri,katanya bisa registrasi di*234#, tapi ane ragu takut kuota ane ilang,soalnya baru reload”

Untuk pengguna Tri lama memang bisa melakukan registrasi di *234*1#, saya pernah melakukan pendaftaran dengan menggunakan Tri(paket mau..mau..mau..) dan berhasil terdaftar Aon selama satu bulan(buat coba-coba), alhasil 11 situs bisa diakses dengan nyaman selama sebulan pada browser maupun aplikasinya.

Celakanya, saya pengguna TabletPC-samsung galtab 2, banyak aplikasi lain diluar tanggungan 11 situs AON seperti wechat, yahoomessenger, email client dan aplikasi aktif lainnya dengan sukses menggunakan pulsa sebagai konsumsi data, dan aplikasi inipun sukses menghabiskan pulsa Tri pada perangkat tablet PC saya.

Berbeda dengan Staterpack Aon(kartu baru), jika kita hanya membeli paket Aon misal setahun tanpa tambahan quota lain, maka jangan harap bisa akses situs lainnya diluar 11 situs yang ditentukan selama satu tahun.

Jadi intinya, berdasarkan pengalaman saya, jangan gunakan kartu tri lama untuk mendaftar paket Aon kecuali jika anda menghapus semua aplikasi aktif diluar 11 situs Aon pada perangkat apapun. Dan terakhir, jika sudah punya quota apakah bisa langsung daftar Aon? akan lebih bijaksana jika terlebih dahulu habiskan quota yang tersedia sebelum mendaftar lagi di Aon, atau tanyakan langsung ke Costomer Service Tri untuk informasi lebih jelas.

sumber :: arlan85.com/2013/04/tips-memaksimalkan-paket-internet-tri.html


Actions

Information

One response

7 07 2013
andri

Ane udh daftar aon 1 bln (10rb). Tp knp gak bisa online ya? Padahal pulsa udh kepotong. Pas cek kuota jg katanya tri ane gak terdaftar paket data apa2. Apa ada yg salah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: