Internet Connection Sharing (ICS) dan Ad-Hoc

Internet Connection Sharing.

Hari ini internet di kantor cuma nyambung satu. Biasanya kami semua bisa ngenet. Ini disebabkan router kami rusak, pengaruh petir kemarin. Pagi tadi sebenarnya telah dibeli router merk D-LInk, tapi sayangnya salah beli. Waktu membeli lupa tipe router yang mau di beli. Internet di kantor ini mengunakan INternet kabel (DSL), sedangkan router yang dibeli ternyata tidak cocok; yang dibeli malah yang buat kabel telpon (ADSL)…Bagi saya yang masih awam blum begitu paham bedanya. Ketahuannya baru pa mo nyolokin Jack RJ45 ke router ADSL, terang aja gak cocok. Tipe ADSL mengunakan line telpon yang notabene make RJ11. mau gk mau (terulang lagi dah..) tu barang mesti di balikin.

Saya ingin berinternet…tapi …ya kabel Jack nya cuma satu. Gimana ya… ,saya teringat buku S’to yang judulnya Wireless Kung fu yang saya beli pas di Palembang…Kalo di palembang waktu itu saya sudah praktek, dan berhasil.

Yang saya praktekkan disana waktu itu adalah jaringan Ad-hoc, yaitu menghubungkan dua Laptop tanpa Access Point (AP). Cara ini akan saya bahas nanti. Sekarang saya ingin mempraktekkannya disini. mmh…semua petunjuk sudah saya ikuti tapi kok masih belum berhasil…?? pusing dah…

Akhirnya saya putuskan untuk internet connection sharing (ICS) punya windows. Untuk mengunakan fitur ini setidaknya kita harus memiliki dua internet adapter. Satu buat Input kabel LAN dari Provider dan satu lagi buat komputer yang mau sharing. Untuk mengunakan fitur ini juga diperlukan kabel UTP dengan RJ45 buat nyambungin komputernya.

Ethernet Adapter

caranya sangat mudah (bagi yang dah pengalaman), Masuk ke menu Control Panel >> Network Connection, selanjutnya klik kanan Gambar LAN yang sedang Connected lalu pilih Properties. Selanjutnya pada Tab Advanced, centangi pilihan “Allow other Network…..” Lalu pada menu drop-down “home networking connection : pilih LAN anda yang satu lagi. Centangi juga “allow other network user….” untuk bisa memberi akses lebih kepada teman anda. Selanjutnya Ok.

Hubungkan kabel UTP RJ45 ke kedua komputer. Selanjutnya tinggal atur IP address di komputer yang baru saja dijadikan client. Secara default, komputer yang pertama akan memiliki ip : 192.168.0.1 dan subnet mask : 255.255.255.0

Komputer kedua, yang mau dihubungkan ke internet juga harus disetting secara manual, biar lebih cantik. Klo pun kita malas, bisa aja kita biarkan. Biarkan DHCP yang bekerja. tapi klo bagusnya kita setting sendiri. Caranya, dari Menu Network connection ( yang di control panel), klik kanan LAN yang dipake, trus pilih menu properties. dari tab General klik Internet Protocol (TCP/IP) >> selanjutnya pilih properties.

Dari menu ini tentukan ip nya : 192.168.0.2 >>ini yang saya pake (range 192.168.0.1 – 192.168.0.254). kemudian subnet mask isi : 255.255.255.0, Default gateway : 192.168.0.1.

Adakalanya DNS juga harus di isi. Silahkan anda isikan nilainya sama dengan gateway : 192.168.0.1. selanjutnya klik Ok.

Dengan settingan itu, sekarang sudah dua komputer yang konek ke Internet…o iya saya ingin berterima kasih pada Mas riki atas bantuannya…cara ini saya selesaikan atas bantuan mas riki dan pengalaman setting internet sebelumnya.

Jaringan Ad-Hoc.

Tidak puas dengan koneksi dua komputer, saya ingin melakukan lebih banyak koneksi lagi. Sekarang saya ingin semua komputer di kantor ini dapat menikmati Internet….

Saat nya membuat jaringan Ad-Hoc yang masih belum selesai….Googling. Malu bertanya cari di google. gak ketemu…ah gk mungkin!!!

Setelah beberapa saat, permasalahan telah diketahui…Untuk membuat jaringan Ad-Hoc, kita harus pastikan dulu dua setingan ini harus berjalan yaitu ROuting and Remote Access dan satu lagi Wireless zero configuration.

Untuk masuk ke menu ini cukup ketik di Run : service.msc

service1Routing and Remote Acces harus di start

service2

Wireless zero configuration juga harus Start.

>>>>bersambung.

6 responses

4 07 2008
adi

artikelnya cukup bagus dan bikin saya penasaran.. karena saya lagi dapat masalah tentang ICS.. boleh nanya ga nih.. saya kan punya koneksi internet dirumah pake internux.. dan saya pengen bagi2 koneksi saya ke tetangga, tapi sa g tau caranya gmn.. n tetangga ku mo sharing menggunakan Linksys wireless-G 802.11g 2.4GHz (Cisco Systems). mohon pencerahannya.. supaya dipandu.. tolong di emailnya ke adimustamin@gmail.com

13 07 2008
Menyulap HP menjadi modem sekaligus biang Hotspot « #Because Knowledge

[…] Untuk menjadikannya sebagai hotspot, silahkan anda lihat postingan saya yang terdahulu tentang jaringan Ad-hoc. […]

19 03 2012
ahmad

mas mau tanya:sy pengguna rt/rw net,sy pake USB adaper merk TP-LINK type 727n.yg mau sy tanyakan setiap kali di colokan selalu muncul popup disable ICS please wait…… di service mscnya sudah enable,dan zero configure nya udah start.sy pake XP32bit,apanya yg salah.tolong di email ke vayz.pedo@gmail.com.

16 06 2012
diskmal

ICS bukan di msc, punya console service sendiri,namanya : Windows Firewall/Internet Connection Sharing (ICS), klo mo di disable, service inilah yang mesti di stop.

15 06 2012
Tommy

mau tanya, kenapa di pc saya tdk ada “menu drop-down “home networking connection”-nya? saya menggunakan win xp, makasih banyak

16 06 2012
diskmal

pastikan dulu internet adapter nya ada dua, satu buat incoming, satu lagi outgoing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: