Petir dan jaringan Internet

Sambungan Install Linux.

Instalasi Fedora 8 saya belum selesai. Permasalahannya sederhana, LAN card onboardnya tidak terdeteksi oleh Fedora 8. Saya sudah coba googling di internet namun hasilnya belum memuaskan, dari beberapa artikel yang saya dapatkan diketahui bahwa driver LAN card saya memang blum ada yang cocok dengan Fedora 8. Jadi sampai sekarang saya belum bisa memasang jaringan di Server saya.

Ke Esokan harinya saya masih nyari driver, tapi tetap aja gak ada. Lalu saya rencananya mau make Mandriva 2007 aja, DVD Linuxnya saya pinjam punya teman, yang kebetulan satu paket dengan Majalah INfoLInux. Kemudian saya lansung coba menginstal sperti biasanya…tapi aneh kok menu boot nya tidak sperti biasanya??? Saya tanya aja sama teman tadi…kok gini….??oo walah…DVD Linuxnya masih dalam bentuk iso…(iso: image file yang siap bakar), pantasan gak jalan. Saya tidak lansung instal, tapi harus Burning dulu. Image mandriva kemudian saya burning mengunakan Nero dengan pilihan Burn Image to Disk., tanpa pikir panjang saya klik Next..next ..oke burn!!! baru sekitar 50 % complete saya baru ingat..baru sadar. barusan saya burning dengan kecepatan default (48x) …wadduh…DVD-RW saya mana sanggup membaca dengan kecepatan segitu, ya udah saya biarin aja…tapi setelah selesai saya terpaksa mau gk mau, burning lagi dengan kecepatan 24x..

Iso linux Mandriva sekarang sudah siap untuk booting…oke, tampilannya sudah seperti biasa, saya cuma next..next…tidak ada yang masalah…sampai akhirnya muncul menu desktop KDE 3.5. …heran kok cepat ya…????kok gk ada proses ini..kok tidak ada yang seperti itu??? …aneh…!!ya…ternyata CD MANdrivanya cuma buat Live CD aja…trus ada pilihan buat install ke Hardisk, saya klik …mm..lagi-lagi gak bisa…kali ini masalahnya lain lagi…hardisk yang saya pake SATA..gak kompetibel..gak mau akur..wesslah.

kde

Sekarang cukup lah Fedora only..

Petir dan Jaringan Internet

Sore ini saya dikejutkan oleh Petir. Singkat tapi akibatnya padat. Petir ini mengakibatkan komputer yang saya pakai tiba-tiba mati, padahal dikantor ini, saya sudah mengunakan UPS…waktu itu saya belum tahu kalo ternyata jaringan internet juga ikut istrahat. Setelah beberapa saat kemudian saya nyoba browsing…teryata gk konek. Saya pikir…mungkin karena petir tadi, paling ntar lagi juga nyambung. Ditunggu-tunggu masih aja belum nyambung, saya cek modem Ethernet dan kabel…tidak ada apa2..tapi kok panas???

Saya sudah tidak tahu mesti lakukan apa lagi. Akhirnya nelpon ke MegaVision, tempat kami menerima layanan internet….setelah cerita-2 sama technical Supportnya baru ketahuan, kemungkinan modem ethernet “kena”. O iya selain itu jaringan TV kabel juga ikut kena imbasnya..(Istrahat).Tidak mau menunggu lama kami segera menuju MegaVision, dan disana Modem ethernetnya diganti..eh bukan..bukan… dipinjamin yang baru…yang lama diservis dulu, ntar akan dikenakan biaya cassss…

Ethernet1ini nih yang ada tanduknya ikut hangus…

Petir memang sering saya dengar bisa membuat kerusakan pada alat-alat elektronik, dan baru kali ini saya mengalaminya. Kata orang-orang yang kuliah di bidang elektronika ini disebabkan tegangan yang diterima melebihi batas tegangan yang seharusnya dialirkan…(bingungkan??). Untuk mencegahnya diperlukan sistem proteksi kelistrikan dan sistem proteksi petir. Semuanya terkait dengan sistem pentanahan (grounding)…..

ini merupakan kutipan yang saya dapat dari http://geocities.com/groundsys/ ..<—(info lengkapnya juga ada di situs ini).

“Pada bangunan yang di dalamnya terdapat instalasi jaringan komputer, perangkat telekomunikasi seperti PABX dan modem, sistem kontrol, alat-alat pemancar dan instrumen serta peralatan elektronik sensitif lainnya, masih diperlukan lagi penggunaan alat proteksi category II (mengacu pada DIN VDE 0110/1), yang termasuk dalam kategori alat proteksi class D yang didesain untuk membatasi tegangan berlebih pada stop-kontak (socket-outlet) untuk penggunaan alat-alat elektronik yang sensitif, baik penggunaan secara individual maupun kelompok. Selain itu dibutuhkan pula sistem proteksi data, sambungan telpon dan saluran/kabel transmisi, guna mendapatkan sistem proteksi yang menyeluruh. ”

Oke….ngerti???mm…gitu ya…

Smoga aja ini dapat menjadi pengalaman bagi yang membaca, agar bisa lebih hati-hati dan berusaha untuk berbuat preventif dalam pengunaan alat elektronik agar tidak menyesal di kemudian hari.

One response

23 11 2012
arip ramadhan

thanks k…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: