Sambungan Socket & Las

Adakalanya Tiang pancang direncanakan tidak sesuai dengan yang direncanakan, hal ini disebabkan lapisan tanah yang kompleks dan bervariasi. Tiang yang seharusnya 14 m sudah cukup ternyata amblas. Solusi terhadap masalah ini bisa dengan mengunakan tiang pengganti atau dengan mengunakan sambungan socket atau Las. Di lapangan metode tiang pengganti lebih disarankan, pengerjaannya lebih mudah dan risiko kegagalannya kecil, hanya saja biaya tiang pengganti tidak lebih murah dibanding dengan metode sambungan socket.

Sambungan socket ini sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan. Kendala yang kerap terjadi terletak pada tiang yang dibawahnya. Jika tiang dibagian bawahnya tidak vetikal, maka akan menyebabkan hasil yang tidak optimal, bisa saja hasil sambungan menjadi miring bahkan patah. Hal ini disebabkan beban hammer/pukulan tidak terdistribusi secara tepat.

Gambar Sambungan mengunakan socket.

Sambungan mengunakan Las.

Gambar  ini memperlihatkan Tiang sambungan bagian atas mengalami crack yang disebabkan oleh tiang bagian bawah tidak vertikal, sementara tiang atas dipukul secara vetikal sehingga menimbulkan tekuk.

Leave a comment